Informasi

Benchmarking Diklat PIM IV Kabupaten Kepulauan Selayar

Jumat, 20 April 2018, BKPSDM Kabupaten Wajo menerima kunjungan peserta Diklat Kepemimpinan Tk IV Kabupaten Kepulauan Selayar.  Rombongan Benchmarking Diklat PIM IV Kabupaten Kepulauan Selayar diterima langsung oleh Kepala BKPSDm Kabupaten Wajo Bapak H. Amiruddin A., S.Sos., M.M. atas nama Bupati Wajo di damping oleh pejabat Struktural Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo (Drs. ACO KARUMPA, M.Pd.) serta para Pejabat Struktural BKPSDM Kab. Wajo

Rombongan Benchmarking  Diklat Kepemimpinan Tk IV Angkatan XV Kabupaten Kepulauan Selayar  berjumlah 43 orang terdiri dari Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kab. Kepulauan Selayar (Bapak Drs. Muhtar, M.M) selaku ketua rombongan, Kepala Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural, 2 Wisyaiswara / Coach, 32 peserta diklatpim IV angkatan XV dan 7 orang panitia.

Benchmarking ke Best Practise adalah salah satu mata diklat kepemimpinan pola baru yang bertujuan membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan program, melalui pembelajaran benchmarking, knowledge replication, dan knowledge customization.

Pembelajaran disampaikan secara interaktif dengan menggunakan metode kunjungan lapangan, tanya jawab, dan diskusi dengan maksud untuk melihat dan mengamati langsung kegiatan yang merupakan inovasi-inovasi atau kelebihan-kelebihan yang dilakukan oleh SKPD yang menjadi lokasi Benchmarking untuk memajukan daerahnya, yang dikaitkan dengan nilai-nilai wawasan kebangsaan, integritas, pengembangan potensi diri bagi SDM. Dengan demikian, para peserta Diklat dapat melihat, mengamati dan mengadopsi (mengaplikasi dan mengimplementasikan) kelebihan tersebut di daerah asal masing-masing, serta hal-hal yang dapat ditiru dan diterapkan (berupa inovasi-inovasi).

Dengan Benchmarking, diharapkan organisasi dapat membandingkan dengan organisasi kompetitor, dan selanjutnya menjadi alat strategis bagi manajemen untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan menjadi sarana saling tukar menukar informasi, guna menambah wawasan dan persaudaraan diantara kita.

Rombongan Benchmarking  Diklat Kepemimpinan Tk IV Angkatan XV Kabupaten Kepulauan Selayar  mengunjungi BKPSDM Kabupaten Wajo untuk melihat langsung  pelayanan Kepegawaian di Kabupaten Wajo, yaitu inovasi di bidang pengelolaan Manajemen Aparatur Sipil Negara secara terpadu “Akselerasi Pelayanan Kepegawaian dengan Mobile Si-Cakep” yang mengandung makna spirit kerja ASN yaitu :

MOBILE : Mewujudkan Organisasi Bekerja Inovatif dan Lebih E

SICAKEP : Sistematis, Integritas, Cepat, Adaptif, Komitmen, Elaboratif dan Profesional

Selain mengunjungi BKPSDM , Rombongan Benchmarking  Diklat Kepemimpinan Tk IV Angkatan XV Kabupaten Kepulauan Selayar juga mengunjungi Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

Salah satu layanan publik yang juga menjadi fokus pembenahan di Kabupaten Wajo adalah bidang pendidikan. Ada empat Program Unggulan Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Wajo :

  1. Program Budaya Baca/Literasi merupakan program budaya baca bagi siswa baik SD maupun Program bagi siswa SD dikenal dengan istilah BB 45 SD (Baca Buku sejumlah 45 bagi siswa SD). Sedangkan bagi siswa SMP dikenal dengan GL 45  SMP (Gerakan Literasi 45 buku bagi siswa SMP). Program ini menjawab hasil penelitian bahwa siswa kita masih Nol Buku artinya siswa kita belum dapat menunjukkan secara pasti berapa buku yang telah;
  2. Program Penguatan Pendidikan Karakter merupakan program penjabaran dari “Nawacita” Presiden Joko Widodo yaitu revolusi mental. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo telah melakukan pembinaan karakter moral dan karakter kinerja. Program ini diintegrasikan dengan mata pelajaran dan dilakukan melalui kegiatan keagamaan, nasionalisme dan kepramukaan.;
  3. Program Pembelajaran Berkualitas yaitu program yang dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan secara menyeluruh. Pembelajaran dilakukan oleh guru dengan prinsip siswa sebagai pelaku utama pembelajaran. Pembelajaran dengan metode dan sumber belajar yang bervariasi;
  4. Program Pendididkan Gratis, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo tetap konsisten melanjutkan program Gubernur Syahrul Yasin Limpo karena program ini berkontribusi positif pada kemajuan pendidikan di Kab. Wajo.

Kepala BKPPD Kabupaten  Selayar menyampaikan kepada Peserta Diklat Kepimpinan Tk. IV Kabupaten  Kepulauan Selayar agar dalam kunjungan ke Kabupaten Wajo dapat menerapkan ATM yaitu Amati Tiru dan Modifikasi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Lihat Lengkap

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close